Hubungan Work Engagement Dengan Berfikir Kritis Perawat di Rumah Sakit

Main Article Content

Sutanta Tanta

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kesehatan terutama keperawatan harus mempunyai kinerja yang berkualitas dan beretika untuk bisa menumbuhkan berfikir kritis ketika memberikan pelayanan kepada pasien. Work Engagement merupakan sesuatu hal yang positif pada pekerjaan yang berhubungan dengan pikiran yang ditandai dengan semangat, dedikasi, dan penyerapan. Berfikir kritis merupakan bagian dari komponen asuhan keperawatan ketika perawat memberikan pelayanan keperawatan pada pasien sehingga diharapkan pasien mendapatkan pelayanan yang memuaskan.


Tujuan : Mengetahui hubungan work engagement dengan berfikir kritis perawat


Metode : Desain penelitian menggunakan pendekatan cross suctional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuatitatif non experimental. Penelitian ini menggunakan sampel 37 responden dengan teknik total sample. Data diolah dengan program SPSS, untuk mengalisis univariat dan bivariat dengan chi-square.


Hasil : Di dapatkan bahwa ada hubungan antara work engagement dengan berfikir kritis perawat diperoleh nilai p value sebesar 0,005 < 0,05 dengan nilai rho sebesar 0,634 yang berati ada hubungan kuat.


Kesimpulan : penelitian ini menunjukkan adanya hubungan work engagement dengan berfikir kritis perawat (0,00 < 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tanta, S. (2023). Hubungan Work Engagement Dengan Berfikir Kritis Perawat di Rumah Sakit . Jurnal Kesehatan Madani Medika (JKMM), 14(02), 166-173. https://doi.org/10.36569/jmm.v14i02.345
Section
Articles